Kebun Durian Aa Kadu

Surga Buah dan Bibit Durian Kualitas Terbaik

Kualitas adalah Komitmen Kami

Kami adalah perkebunan yang berada di atas lahan seluas 20 Hektare yang terletak di 5 daerah di Tasikmalaya yaitu Cisapi, Ciwao, Linggaraja Cibokor dan Cibanasih. Berfokus pada budidaya, penelitian dan pengembangan Durian, Kami berkomitmen untuk menghasilkan buah durian yang memiliki kualitas baik dan stabil.

Kenapa Aa Kadu?

Beragam Jenis Durian

Kami menyediakan beragam jenis buah dan bibit durian yang bisa Anda pilih sesuai keinginan

Buah Durian

Bibit Durian

Mendukung Para Petani Durian

Kebun kami terbuka untuk Anda yang ingin datang melihat proses bagaimana kami menghasilkan durian berkualitas terbaik. 

Kunjungan PT. Esa Vigano

Pengukuhan Petani Durian Priangan Timur

Artikel Terbaru

Asal Usul Durian

Durian adalah nama tumbuhan tropis yang berasal dari wilayah Asia Tenggara, sekaligus nama buahnya yang bisa dimakan. 

Nama ini diambil dari ciri khas kulit buahnya yang keras dan berlekuk-lekuk tajam sehingga menyerupai duri.Sebutan populernya adalah “raja dari segala buah” (King of Fruit). Durian adalah buah yang kontroversial, meskipun banyak orang yang menyukainya, tetapi sebagiannya kurang menyukai dengan aromanya.

Tumbuhan dengan nama durian bukanlah spesies tunggal tetapi sekelompok tumbuhan dari genus Durio. Namun, yang dimaksud dengan durian (tanpa imbuhan apa-apa) biasanya adalah Durio zibethinus. Jenis-jenis durian lain yang dapat dimakan dan kadang kala ditemukan di pasar tempatan di Asia Tenggara di antaranya adalah lai (Durio kutejensis), kerantungan (Durio oxleyanus), durian kura-kura atau kekura (Durio graveolens), serta lahung (Durio dulcis). Untuk selanjutnya, uraian di bawah ini mengacu kepada Durio zibethinus.

Terdapat banyak nama lokal. Nama terbanyak ditemukan di Kalimantan, yang mengacu pada berbagai varietas dan spesies yang berbeda. Durian di Jawa dikenal sebagai duren (bahasa Jawa, bahasa Betawi) dan kadu (bahasa Sunda). Di Sumatra dikenal sebagai durian dan duren (bahasa Gayo). Di Sulawesi, orang Manado menyebutnya duriang, sementara orang Toraja duliang. Di Kota Ambon dan kepulauan Lease biasa disebut sebagai doriang. Di Pulau Seram bagian timur disebut rulen. Orang Batak menyebutnya Tarutung.

Durian adalah sebuah buah yang dikenal dengan ciri khas kulit berduri dan aroma yang kuat dan khas. Buah ini tumbuh di beberapa negara di Asia Tenggara, seperti Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Filipina. Durian sering dijuluki sebagai “raja buah” karena rasanya yang unik dan teksturnya yang kaya. Daging buah durian berwarna kuning atau kuning keemasan, dengan rasa manis dan krim yang disertai dengan sentuhan rasa gurih. Meskipun banyak orang mengagumi rasa durian, aroma buah ini juga menjadi kontroversi karena dianggap kuat dan tidak disukai oleh beberapa orang.

Ciri-ciri Bibit durian yang baik

Untuk mendapatkan buah durian yang berkualitas diperlukan juga bibit yang berkualitas, berikut adalah beberapa ciri-ciri bibit durian yang baik:

Usia Bibit : Estimasi bibit Durian

  • Biji durian disemai sekitar 1,5 bulan, Okulasi 21 hari
  • Hasil okulasi
    – 10 cm 6 bulan
    – 30 cm 8 bulan
    – 60 cm 10 bulan
    – 1 m 1 tahun-14 bulan

Akar Sehat: Periksa akar bibit durian untuk memastikan mereka sehat dan kuat. Akar harus berwarna putih atau kecoklatan, tidak ada tanda-tanda penyakit atau kerusakan.

Batang dan Daun: Pilih bibit yang memiliki batang tegak dan daun yang hijau, lebat, dan sehat. Daun yang menguning atau terlihat layu mungkin merupakan tanda bibit yang tidak sehat.

Bebas dari Penyakit: Pastikan bibit durian tidak terinfeksi penyakit seperti busuk akar atau serangan hama yang dapat merusak pertumbuhan.

Asal Bibit: Pilih bibit dari sumber yang terpercaya, idealnya dari kebun yang sudah terkenal karena produksi durian berkualitas.

Ukuran Bibit: Meskipun bibit durian yang lebih besar mungkin terlihat menjanjikan, bibit yang kecil dengan kondisi yang baik dan akar yang sehat juga bisa menjadi pilihan yang baik.

Varitas: Pilih varietas durian yang sesuai dengan iklim dan kondisi tumbuh di daerah tempat Anda akan menanamnya. Beberapa varietas lebih tahan terhadap penyakit tertentu atau lebih cocok untuk jenis tanah tertentu.

Perawatan Sebelum Tanam: Pastikan bibit telah dipersiapkan dengan baik sebelum Anda membawa pulang, misalnya dengan penyiraman yang cukup dan perlakuan pestisida jika diperlukan.

Memilih bibit durian yang baik merupakan langkah penting untuk memastikan keberhasilan pertumbuhan dan produksi buah yang berkualitas di kemudian hari

Perlakuan bibit : ketika bibit sudah sampai di konsumen, diusahakan untuk disimpan di tempat yang tidak terkena cahaya matahari secara langsung dan didiamkan untuk proses karantina dan penyesuaian dengan lingkungan sekitar

Reservasi di Aa Kadu

Bagi semua instansi atau lembaga yang ingin melakukan kegiatan yang bertempat di kebun durian aa kadu atau aa duren, 

kami menyediakan penyewaan lokasi, yang dmna di dalamnya terdapat fasilitas gazebo, yg bisa digunakan untuk meeting, family gathering, untuk rekresasi dll, makanan yang bisa direquest misalnya nasi liwet, makan biasa, pesta durian.

Fasilitas yang lain juga ada sarana belajar seperti bagaimana cara menanam durian, perawatan durian, perawatan buah durian dll,  pengunjung juga bisa belajar mengenai ternak rusa, ternak sapi, ternak kambing, pembuatan vermicompost dll. fasilitas lain yang terdapat di kebun durian aa kadu ada mushola, toilet yang bersih, dan parkiran yang cukup luas.

Testimoni Pelanggan

Mereka sudah menikmati nikmatnya durian berkualitas dari kami, Jadi kenapa masih ragu?

Ingin Membeli Buah dan Bibit Durian?

Jika ada pertanyaan atau tertarik memesan Buah dan Bibit Durian, Silahkan Hubungi kami

Jangan ragu untuk bertanya, CS kami siap menjawab berbagai pertanyaan mengenai Aa Kadu 

Lokasi Kebun Durian Aa Kadu

Alamat : Kp. Cibanasih Desa Cikeusal Kecamatan Tanjungjaya Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat

Copyright © Aa Kadu, 2024